Skip to content

Fungsi Dan Jenis Besi Wiremesh

  • by
concreate construction

Jaringan baja tulangan yang diubah bentuknya menjadi susunan kerangka yang dikenal sebagai besi wiremesh memiliki baris dan kolom yang berpotongan. Dikenal dengan nama woven wiremesh atau welded wiremesh, wiremesh las lebih banyak beredar di pasar Indonesia, dan dibedakan dari dimensinya yang lebar dan panjang.

Fungsi Besi Wiremesh

Tidak ada elemen atau komponen yang tidak berguna dalam ranah bangunan. Komponen-komponennya saling terhubung satu sama lain dan mempunyai peranan dalam menjamin kestabilan dan ketahanan struktur. Berikut beberapa contoh penggunaan dan fungsi wiremesh yang patut Anda ketahui:

  1. Untuk menutup bangunan beton, wiremesh digunakan sebagai penguat saluran drainase beton pracetak seperti parit u pracetak dan kotak gorong-gorong.
  2. Digunakan untuk memperkuat beton hingga pelat lantai pada struktur. Karena mampu menahan beban yang sangat besar, besi wiremesh sangat berguna bila digunakan pada konstruksi bertingkat.
  3. Dapat dimanfaatkan untuk menahan beban tinggi yang bervariasi pada pelat beton yang berada di atas tanah karena dapat mengeraskan struktur tanah.
  4. Karena daya dukungnya yang tinggi, wiremesh juga sering digunakan pada pembangunan jalan raya menuju tol.
  5. Wiremesh juga digunakan untuk membuat pelat beton gantung. Pelat beton gantung ini dapat digunakan untuk membangun bangunan bertingkat atau untuk mengalirkan air hujan.

Jenis-Jenis Wiremesh

Besi wiremesh lembaran dan wiremesh gulungan adalah dua bentuk besi wiremesh yang berbeda dan keduanya penting untuk konstruksi bangunan. Wiremesh lembaran hadir dan ditawarkan untuk dijual dalam bentuk lembaran, dengan dimensi 210 cm x 540 cm, dan wiremesh dalam bentuk gulungan hadir dengan panjang dan lebar 210 cm.

Persyaratan standar meliputi diameter antara 5 dan 10 mm, tegangan geser las 2500 kg/cm2, jarak standar 150 kali 150 milimeter, ruang khusus 100 x 100 x 100 milimeter kali 200 milimeter, lebar 540 x 210 sentimeter, dan ukuran gulungan meter berjalan sebesar 210 sentimeter. Dengan toleransi ukuran presisi 0,3 mm, 0,5 mm, dan 0,7 mm, wiremesh kadang-kadang disebut dengan istilah besi “M”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *