Skip to content

Cara Merawat Printer UV Flatbed

  • by
jasa print uv jakarta

Print UV flatbed adalah metode cetak yang sedang populer beberapa waktu terakhir. Mesin cetak yang biasa disediakan oleh jasa print uv jakarta jenis ini dianggap sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan, serta lebih efektif dari segi biaya dan waktu. Untuk kamu yang memiliki mesin cetak UV flatbed, berikut cara merawatnya.

Sedikit Tentang Printer UV Flatbed

Sebelum membicarakan tentang perawatan printer UV flatbed, beberapa dari kamu mungkin belum terlalu familiar dengan mesin cetak yang satu ini. Printer UV flatbed adalah mesin cetak berbentuk datar yang menggunakan teknologi UV atau Ultraviolet

 Mesin cetak ini memanfaatkan sinar ultraviolet untuk mencetak di permukaan datar dan keras, seperti triplek kayu, plastik, kaca, logam, akrilik, dan semacamnya. Dengan penggunaan teknologi sinar ultraviolet dan tinta UV, mesin cetak ini mampu menghasilkan warna yang lebih tajam.

Printer UV flatbed bekerja dengan mengeringkan tinta dan perekat, serta melapisi media cetak datar yang digunakan. Salah satu kelebihan dari mesin cetak jenis ini adalah kemampuannya melekat pada hampir semua media cetak.

Tips Merawat Printer UV Flatbed

Walaupun menawarkan banyak keunggulan dan fitur canggih, tidak bisa dipungkiri bahwa harga print di jasa print uv jakarta ini cukup mahal. Karena itu, pastikan kamu merawatnya dengan benar dan baik agar bisa digunakan untuk waktu yang lama.

  • Lakukan Pemeriksaan Nozzle

Lakukan nozzle check atau pemeriksaan nozzle pada printer UV flatbed secara rutin. Hal ini penting untuk memastikan adanya sirkulasi pada tinta UV yang digunakan. Printer UV flatbed bisa bertahan lama jika digunakan setiap hari.

Jika tidak ada produksi, pastikan kamu melakukan pemeriksaan nozzle agar terdapat arus elektrik pada mesin cetak, serta tinta tetap bisa keluar dari mesin cetak.

  • Lakukan Head Cleaning

Selain nozzle check, kamu juga perlu melakukan head cleaning secara rutin. Hal ini karena tinta UV mudah menjadi keras. Lakukan head cleaning setiap hari untuk mencegah kondisi ini. Jika volume produksimu besar, lakukan pembersihan ini setiap 3 jam sekali. Hal ini akan membuat printer UV flatbedmu awet untuk waktu yang lama. Inilah mengapa mesin di jasa print uv jakarta terbilang awet.

  • Jauhkan Printer dari Sinar Matahari

Karena tinta UV mudah mengeras, tentunya kamu harus menjaga mesin cetak UV flatbed dari sinar matahari. Selain itu, jangan meletakkannya terlalu dekat dengan lampu. Pastikan tinta UV cadangan yang kamu simpan juga tidak terkena sinar matahari atau lampu yang terlalu dekat.

Jika kamu lama tidak menggunakan printer UV flatbedmu karena libur atau alasan lainnya, pastikan kamu membersihkan bagian mesinnya. Walaupun kamu berencana ingin menjual mesin cetakmu, pastikan mesin cetak masih bisa digunakan untuk menghindari kerugian besar.

Itu tadi adalah beberapa tips merawat print UV flatbed agar tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *