Skip to content

Mengenal Banquet Cart dan Manfaat Penggunaanya

  • by

Bagi orang yang bekerja di bidang food and beverages atau kuliner, banquet cart mungkin sudah menjadi peralatan yang familiar. Cart jenis ini agak berbeda dengan cart lain yang digunakan di dapur. 

Biasanya ukurannya lebih besar dengan kapasitas yang lebih banyak. Selain itu, dilengkapi dengan pemanas yang bisa mempertahankan panas makanan yang baru dimasak. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembahasan mengenai peralatan satu ini. 

Tentang Banquet Cart 

Dalam industri kuliner sebenarnya ada banyak jenis cart yang digunakan untuk menunjang aktivitas memasak. Mulai dari cart untuk bumbu, cart untuk memanggang, dan berbagai jenis cart dengan fungsi lainnya. 

Cart jenis banquet sendiri merupakan cart yang memiliki fungsi penyimpanan dan pengantaran. Hal ini tergantung juga dengan ukuran dan desain dari cart yang digunakan. Perbedaan besar cart ini dengan jenis cart lainnya adalah pada fiturnya. 

Cart banquet biasanya memiliki fitur pemanas yang bisa mempertahankan atau bahkan membuat makanan yang sudah dingin menjadi lebih panas lagi. Walaupun, tidak memiliki pemanas. Cart jenis ini bisa mempertahankan panas alami dari makanan. 

Manfaat Penggunaan Banquet Cart di Industri Kuliner 

Dengan fiturnya yang spesifik, cart jenis ini memiliki berbagai kelebihan penggunaan. Berikut adalah berbagai manfaat penggunaan dari jenis cart ini : 

  1. Untuk Mengantarkan Makanan ke Meja Sajian 

Fungsi utama cart ini sebenarnya untuk mengantarkan makanan yang sudah jadi ke meja sajian. Dengan fitur pemanasnya, makanan jadi tidak cepat dingin saat sedang dipindahkan dari dapur ke meja pembeli. 

Para pembeli pun merasa lebih puas menikmati makanannya. Karena terkesan lebih fresh, segar, dan masih panas. 

  1. Menjaga Bahan Makanan Tetap Fresh 

Tidak hanya makanan yang sudah jadi, cart ini juga digunakan untuk menjaga bahan makanan agar tetap fresh. Karena itu selain digunakan untuk pengantaran, cart jenis ini juga digunakan untuk penyimpanan bahan. 

  1. Memanaskan Makanan Berkuah atau Saus 

Memanaskan saus atau makanan berkuah memiliki resiko mengubah rasa dari saus atau kuah tersebut. Karena itu, perlu dilakukan proses pemanasan yang lebih hati-hati. Cart jenis ini bisa memberikan panas yang ideal untuk memanaskan kembali saus dan kuah. 

Banquet cart menjadi semakin familiar dan banyak digunakan di industri kuliner. Tidak heran, karena manfaatnya yang sangat beragam dan fungsional di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *