Skip to content

Ingin Beralih Pada Atap Metal Pasir? Ini Yang Perlu Diketahui!

  • by
rumah dengan genteng multiroof kuat

Memiliki hunian merupakan impian setiap orang, bahkan saat ini sudah banyak sekali pilihan penutup atau baja ringan. Adapun yang telah mengenalnya secara luas yaitu berupa genteng atap metal pasir (genteng multiroof kuat) dan genteng metal spandek. Tentunya setiap genteng juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Hal ini dapat dilihat dari segi harga, tekstur, warna, harga dan lainnya. 

Ada beberapa perbedaan yang dapat diketahui antara genteng metal pasir dan genteng metal lainnya, salah satunya memiliki lapisan pasir yang dilem pada permukaan. Fungsi pada lapisan pasir ini dapat memberikan tekstur tampilan di permukaan atap dan membantu mempertebal atap. Sedangkan untuk genteng metal spandek tanpa adanya lapisan pasir sehingga dapat mempunyai bobot yang ringan jika dibandingkan dengan genteng metal pasir.

Bagaimana kekuatan genteng metal pasir dan spandek?

 Atap metal pasir ini terbuat dari bahan baja yang cukup ringan dengan inti yang tipis agar bobot pada genteng ketika dipasang tetap ringan meskipun pada permukaannya sudah ditambahkan lapisan pasir. Lapisan pelindung yang karatan pada genteng pasir ini juga seringkali diabaikan. Sedangkan untuk genteng metal spandek dapat di cek dengan mudah pada ketebalan baja inti dan lapisan pelindung karatnya dari kode branding yang tertera pada produk. Oleh karena itu, genteng multiroof kuat alias atap metal pasir ini tidak mempunyai garansi ketahanan karat pada produk tersebut. Sedangkan genteng metal spandek mempunyai garansi sepuluh tahun pada ketahanan karat.

Mengenal ketahanan metal pasir dan metal spandek

Lapisan cat warna yang diberikan pada permukaan genteng ini memiliki satu alasan, yaitu karena kerap terpapar sinar matahari dan diterpa hujan secara terus menerus akan menyebabkan cat menjadi terkelupas dan warna yang akan hilang. Oleh karena itu genteng metal pasir tidak mempunyai garansi ketahanan warna pada produk yang dijualnya. Sedangkan genteng metal spandek dengan teknologi yang dimilikinya pada permukaan mempunyai garansi hingga lima tahun mengenai ketahanan warna.

Bisakah genteng metal pasir meredam suara bising?

Genteng metal pasir atau genteng multiroof kuat memiliki ketebalan permukaan yang dapat meredam suara bising yang disebabkan oleh air hujan, jika dibandingkan dengan metal spandek. Tetapi, lapisan pada pasir yang biasanya hanya direkatkan dengan lem di permukaan baja ini biasanya hanya dapat bertahan sekitar satu tahun, dan lapisan pasir pada genteng akan mulai mengelupas. Biasanya baja inti akan terekspos sehingga suara bising saat hujan akan kembali terdengar. Cara mengatasi hal ini agar lebih efektif yaitu dengan melakukan penambahan plafon atau insulasi atap sehingga Anda tidak akan merasa kebisingan ketika hujan turun. Bagi Anda yang ingin membuat hunian baru atau mengganti atap lama dengan atap metal pasir maka sudah bisa mendapatkan gambaran mengenai bahan yang akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *