Skip to content

4 Jenis Besi Hollow

  • by
alat kontraktor tinggi

Setidaknya, ada lebih kurang empat jenis besi hollow yang dijual di pasaran. Empat jenis tersebut antara lain adalah besi hollow gypsum, besi hollow galvanis, besi hollow galvalum, dan besi hollow hitam. Apa beda dari masing-masing jenis tersebut? Berikut informasi selengkapnya terkait besi jenis hollow! 

  1. Hollow Gypsum

Pertama ada besi hollow jenis gypsum yang memiliki tampilan berbentuk kotak. Hollow jenis ini dibuat menggunakan besi berlapis meni, stainless, atau galvani dengan ketebalan lebih kurang 0,3-0,4 milimeter. 

Hollow gypsum biasanya dimanfaatkan sebagai penyangga plafon rumah atau gedung-gedung perkantoran. Material hollow yang satu ini banyak diminati karena dikenal lebih kokoh walau bobotnya cenderung ringan. Di bagian luarnya, besi ini dilapisi dengan cat berwarna merah atau hijau. 

  1. Hollow Galvalum

Hollow yang selanjutnya adalah jenis galvalum yang juga dikenal sebagai besi jenis hollow yang paling bagus. Material hollow ini mengandung komposisi lebih kurang 1,5% lapisan silicon, coating aluminium sebesar 55%, dan 43,5% unsur besi. 

Mengandung 3 lapisan dari material yang berbeda, besi ini juga disebut sebagai Zinc Aluminium di dunia konstruksi. Besi ini memiliki keunggulan dibanding dengan jenis hollow lain,yakni tidak mudah berkarat walau terkena paparan sinar matahari dan hujan dalam jangka waktu yang lama. 

  1. Hollow Galvanis

Jenis yang ketiga ada besi hollow galvanis, yakni hollow dengan kualitas satu tingkat di bawah galvalum. Berbeda dengan jenis hollow yang paling baik, besi hollow galvanis mengandung komposisi zinc coating sebesar 97%.

Tidak sekokoh galvalum, hollow galvanis akan mudah mengalami korosi jika bergesekan dengan material konstruksi lain. Maka dari itu, hollow jenis ini akan lebih cocok digunakan sebagai pagar atau penyangga kanopi rumah. Sebelum menggunakan hollow jenis ini, disarankan untuk melapisinya dengan coating aluminium sebesar 1%.

  1. Hollow Besi Hitam

Terakhir, hollow yang sering dijumpai di pasaran adalah jenis hollow hitam. Material konstruksi yang satu ini dibuat dengan bahan dasar baja hitam. Itulah sebabnya, hollow jenis ini disebut dengan hollow hitam. Baja hitam yang terkandung di dalamnya membuat hollow jenis ini tampak sangat tebal dan kokoh jika digunakan sebagai bahan konstruksi. 

Namun sayang, jenis hitam ini ukurannya sudah distandarisasi sehingga pilihan yang disediakan tidaklah banyak. Maka dari itu pula, Besi hollow hitam lebih sering digunakan sebagai pagar daripada untuk bahan konstruksi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *