Skip to content

Cara Menghitung Biaya Perbaikan Atap Longspan Rumah

  • by
cara menghitung ukuran atap longspan untuk perbaikan

Atap merupakan bagian yang penting dalam sebuah hunian. Memilih desain dan ukuran atap longspan yang tepat dapat memberikan perlindungan untuk penghuni rumah dari berbagai cuaca. Agar nantinya Anda bisa menghemat biaya maka harus melakukan perhitungan dengan hati-hati. 

Terutama untuk pemula dalam bidang konstruksi. Anda dapat mengikuti cara perhitungan harga sesuai ukuran atap longspan di bawah ini agar bisa menyesuaikan dengan budget dan perbaikan yang optimal.

  1. Rangka

Rangka ini akan dibutuhkan untuk memasang bahan ukuran atap longspan. Rangka atap itu sendiri juga akan memiliki kemiringan tertentu. Bahannya ada yang terbuat dari kayu atau baja ringan.

Ketika Anda akan memilih rangka atap penting untuk memperhatikan ukurannya. Berat dari rangka atap itu sendiri akan memiliki perbandingan lurus dengan beban yang ditanggungnya. 

Jika Anda nantinya akan menggunakan bahan kayu umumnya akan menghabiskan dan Rp 3.500.000,- untuk kuda-kuda, reng dan kaso Rp 2.500.000,-. Baja ringan setiap permeternya akan dibanderol sekitar Rp 115.000,- Rp 165.000,-, bila rumah Anda berukuran 4×8 akan memerlukan biaya Rp 3.000.000-Rp 5.000.000,-.

  1. Jenis Atap yang Akan Digunakan

Jenis atap yang bisa digunakan nantinya juga sangat beragam, umumnya akan menggunakan dua jenis yaitu longspan roof asbes dan genteng. Jika menggunakan genteng maka akan ada dua pilihan yaitu, genteng tanah liat dengan harga per biji Rp 2.500 dan  genteng beton Rp 7.000. 

Sedang jika nantinya Anda akan menggunakan ukuran atap longspan dengan asbes setiap per lembarnya dengan ukuran 180×105 cm dengan ketebalan 4 mm harganya bisa mencapai Rp 53.000. 

  1. Pelapis Anti Kebocoran

Pelapis anti bocor yang digunakan sebagai pelapis atap rumah ini umumnya akan membutuhkan sekitar 1 tong cat yang dibandrol dengan harga Rp 193.000-Rp 245.000 per 4 kg.

  1. Biaya Pekerja

Ketika Anda akan membuat atap rumah umumnya akan membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Umumnya biayanya akan mencapai Rp 1.600.000,-. Jika menggunakan baja ringan juga akan jauh lebih murah lagi karena pengerjaannya juga jauh lebih cepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *